A. Visi

  • Visi PT

UNU Cirebon sebagai Pusat Pendidikan dan Pengembangan IPTEK yang unggul dan berdaya saing Nasional Berlandaskan Nilai-Nilai Keislaman Ahlusunnah Wal Jama’ah Annahdliyah pada tahun 2035

  • Visi PT

FKIP Menjadi pusat pendidikan dan pengembangan IPTEK yang unggul dan berdaya saing nasional dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai keislaman Ahlussunnah Wal Jamaa’ah Annahdliyah pada tahun 2035

  • Visi Ps

“Program Studi Pendidikan Fisika Sebagai Pusat Pendidikan dan Pengembangan IPTEK Yang Unggul dan Berdaya Saing Nasional Dalam Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fisika Berlandaskan Nilai-Nilai Keislaman Ahlusunnah Wal Jama’ah Annahdliyah 2035”

B. Misi

  • Misi PT

Menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing nasional berlandaskan nilai-nilai keislaman ahlussunnah wal               jama’ah annahdliyah.

Mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi, melalui kegiatan penelitian yang unggul dan berdaya saing nasional berlandaskan nilai nilai keislaman ahlussunnah wal jama’ah annahdliyah.

Mengembangkan  pengabdian kepada masyarakat berlandaskan nilai nilai keislaman ahlusunnah wal jama’ah annahdliyah. Menyelenggarakan kelembagaan universitas yang efektif secara berkelanjutan untuk mewujudkan visi berlandaskan nilai-nilai keislaman ahlusunnah wal jama’ah annahdliyah.

  • Misi UPPS

Menyelenggarakan pembelajaran dan pendidikan yang unggul, berdaya saing nasional, dan berlandaskan nilai-nilai keislaman ahlussunnah wal jamaa’h Annahdliyah.

Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pendidikan dan keguruan yang unggul, berdaya saing nasional berlandaskan nilai-nilai keislaman ahlussunnah wal jamaa’h Annahdliyah.

Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai keislaman ahlussunnah wal jama’ah Annahdliyah . Menyelenggarakan kelembagaan yang efektif secara berkelanjutan untuk mewujudkan visi fakultas berlandaskan nilai-nilai keislaman ahlussunnah wal jama’ah Annahdliyah .

  • Misi PS
  1. Menyelenggarakan pembelajaran dan pendidikan yang unggul, berdaya saing nasional, dan berlandaskan nilai-nilai keislaman ahlussunnah wal jamaa’h Annahdliyah.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan keilmuan Pendidikan fisika yang unggul dan  berdaya saing nasional berlandaskan nilai nilai keislaman ahlusunnah wal jama’ah annahdliyah.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan fisika yang berlandaskan nilai-nilai keislaman ahlussunnah wal jama’ah Annahdliyah .
  4. Menyelenggarakan kelembagaan program studi yang efektif secara berkelanjutan untuk mewujudkan visi program studi berlandaskan nilai-nilai keislaman ahlussunnah wal jama’ah Annahdliyah.

C. Tujuan

  • Tujuan PT

Menghasilkan pendidikan tinggi yang unggul berdaya saing nasional berlandaskan nilai-nilai keislaman ahlusunnah wal jama’ah untuk menghasilkan lulusan yang unggul.

Menghasilkan riset dan ilmu pengetahuan teknologi, melalui kegiatan penelitian yang unggul dan berdaya saing nasional berlandaskan nilai nilai keislaman ahlusunnah wal jama’ah annahdliyah.

Memberikan kontribusi pada masyarakat melalui pengabdian kepada masyarakat berlandaskan nilai nilai keislaman ahlusunnah wal jama’ah annahdliyah. Mewujudkan kelembaga universitas yang efektif secara berkelanjutan untuk merealisasikan visi berlandaskan nilai-nilai keislaman ahlusunnah wal jama’ah annahdliyah

  • Tujuan UPPS

Menghasilkan lulusan sarjana pendidikan yang unggul berdaya saing nasional, dan berlandaskan nilai-nilai keislaman ahlussunnah wal jama’ah Annahdliyah.

Menghasilkan penelitian untuk mengembangkan ilmu pendidikan dan keguruan yang unggul dan berdaya saing nasional berlandaskan nilai nilai keislaman ahlusunnah wal jama’ah annahdliyah.

Memberi kontribusi kepada masyarakat dalam bidang pendidikan melalui pengabdian kepada masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai keislaman ahlussunnah wal jama’ah Annahdliyah. Mewujudkan kelembagaan fakultas yang efektif secara berkelanjutan untuk merealisasikan visi fakultas berlandaskan nilai-nilai keislaman ahlussunnah wal jama’ah Annahdliyah.

  • Tujuan PS
  1. Menghasilkan calon pendidik yang unggul berdaya saing nasional, dan berlandaskan nilai-nilai keislaman ahlussunnah wal jama’ah Annahdliyah.
  2. Menghasilkan penelitian untuk mengembangkan keilmuan Pendidikan fisika yang unggul dan  berdaya saing nasional berlandaskan nilai nilai keislaman ahlusunnah wal jama’ah annahdliyah.
  3. Memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam bidang keguruan dan ilmu Pendidikan Fisika yang berlandaskan nilai-nilai keislaman ahlussunnah wal jama’ah Annahdliyah .
  4. Mewujudkan kelembagaan program studi yang efektif secara berkelanjutan untuk mewujudkan visi program studi berlandaskan nilai-nilai keislaman ahlussunnah wal jama’ah Annahdliyah.

D. Strategi Pencapaian VMT

  • Strategi PT

Lulusan yang unggul, berdaya saing nasional, dan berlandaskan nilai-nilai keislaman ahlussunnah wal jama’ah annahdliyah:

Unggul Akademik: peningkatan mutu dosen, peningkatan mutu mahasiswa, peningkatan kualitas proses pembelajaran, pengembangan  dan implementasi kurikulum

2) Non Akademik: peningkatan prestasi non akademik mahasiswa, pendampingan dan pembimbingan UKM dan organisasi intra maupun ekstra kampus,

3) Layanan: peningkatan mutu layanan   (profesionalisme karyawan/tenaga kependidikan),peningkatan sarana dan prasarana pembelajaran,meningkatkan dan melengkapi mutu alat, materi, bahan, dan pelayanan sumber-sumber belajar (learning resource) seperti perpustakaan dan internet/ wifi, Meningkatkan mutu sistem informasi akademik dan non akademik program studi.

4)Keagamaan: mentoring, tahlil, PHBI, pembiasaan membaca shalawat khas NU sebelum perkuliahan, Camp Ke NU an.

a)Membentuk karakteristik berpikir mahasiswa yang mencerminkan tawasuth, I’tidal, tasamuh, tawazun.

b)Membentuk karakteristik berpikir mahasiswa yang mampu mencintai bangsanya dan menghormati sesama umat manusia dan anak bangsa (toleransi)

c)Membentuk perilaku mahasiswa yang mampu menghormati orang tua, guru, dan orang-orang di sekelilingnya

d) Membentuk perilaku mahasiswa yang memiliki akhlakul karimah (berbusana, berbicara)

e)Membentuk perilaku mahasiswayang bertanggung jawab terhadap kewajiban yang melekat pada dirinya baik menyangkut   ibadah maupun pergaulan sehari- hari.

 b) Berdaya saing Nasional: peningkatan     hard          skill (penguasaan Iptek, penambahan mata kuliah TI, dan bahasa asing (bahasa inggris, bahasa arab) dan peningkatan soft skill (camp ke Nu-an yang berdasarkan keaswajaan yaitu Tawasuth (Moderat), I’tidal (Tegak Lurus/Adil), Tasamuh (Toleran), Tawazun(Seimbang).

2.  Hasil penelitian dosen dan mahasiswa dalam bidang penelitian yang unggul dan berdaya saing nasional:

a)  Unggul: penciptaan budaya akademik yang kondusif, peningkatan jumlah penelitian dosen   dan mahasiswa, peningkatan kualitas dan relevansi penelitian dosen.

b)Berdaya saing Nasional: peningkatan jumlah hibah penelitian dosen, peningkatan publikasi karya ilmiah dosen, kerjasama penelitian dosen dengan perguruan tinggi lain baik di tingkat lokal maupun nasional.

3. Peningkatan pengabdian kepada masyarakat yang mampu memberi kontribusi dalam pengembangan bidang ilmu keguruan dan pendidikan, serta peningkatan pengetahuan masyarakat dalam pengelolaan pendidikan:

a) Kontribusi pengembangan ilmu bidang keguruan dan pendidikan: peningkatan jumlah pengabdian kepada masyarakat oleh dosen, melibatkan mahasiswa dalam PkM yang dilakukan oleh dosen

b) Peningkatan pengetahuan masyarakat dalam pengelolaan pendidikan: penyuluhan dan pembinaan, pendampingan lembaga formal dan non formal.

c) Publikasi Pengabdian kepada Masyarakat: Memfasilitasi publikasi PkM dosen

4. Good governance dalam pengelolaan kelembagaan universitas untuk mewujudkan visi dan melaksanakan misi: kepemimpinan yang partisipatif, transparansi, akuntabel, responsive, efektif dan efisien.

  • Strategi UPPS

1.  Lulusan sarjana pendidikan yang unggul, berdaya saing nasional, dan berlandaskan nilai-nilai keislaman ahlussunnah wal jama’ah Annahdliyah :

a)Unggul Akademik: peningkatan mutu dosen, peningkatan mutu mahasiswa, peningkatan kualitas proses pembelajaran dan pendidikan, pengembangan dan implementasi kurikulum.

Non Akademik: peningkatan prestasi non akademik mahasiswa, pendampingan dan pembimbingan HIMA dan organisasi intra maupun ekstra kampus,

Layanan: peningkatan mutu layanan (profesionalisme karyawan/tenaga kependidikan), peningkatan sarana dan prasarana pembelajaran, meningkatkan dan melengkapi mutu alat, materi, bahan, dan pelayanan sumber-sumber belajar (learning resource) seperti perpustakaan dan internet/ wifi, Meningkatkan mutu sistem informasi akademik dan non akademik program studi.

Keagamaan : mentoring, tahlil, PHBI, pembiasaan membaca doa dan shalawat khas NU sebelum perkuliahan serta mengucapkan hamdalah setelah selesai perkuliahan, Camp Ke NU an

a)Membentuk karakteristik berpikir mahasiswa yang mencerminkan tawasuth, I’tidal, tasamuh, tawazun.

b) Membentuk karakteristik berpikir mahasiswa yang mampu mencintai bangsanya, menghormati sesama umat manusia dan anak bangsa (toleransi)

c)Membentukperilaku mahasiswa yang mampu menghormati orang tua, guru, dan orang-orang di sekelilingnya

d) Membentuk perilaku mahasiswa yang memiliki akhlakul karimah (berbusana, berbicara)

e)Membentuk perilaku mahasiswa yang bertanggung jawab terhadap kewajiban yang melekat pada dirinya baik menyangkut ibadah maupun pergaulan sehari- hari.

b) Berdaya saing Nasional: peningkatan hard skill (penguasaan Iptek, penambahan mata kuliah TI, dan bahasa asing (bahasa inggris) dan peningkatan soft skill (camp ke Nu-an yang berdasarkan keaswajaan yaitu Tawasuth (Moderat), I’tidal (Tegak Lurus /Adil), Tasamuh (Toleran), Tawazun(Seimbang).

2.   Hasil penelitian dosen   dan mahasiswa dalam bidang pendidikan dan keguruan yang unggul dan berdaya saing nasional:

a)Unggul: penciptaan budaya akademik yang kondusif, peningkatan jumlah penelitian dosen dan mahasiswa, peningkatan kualitas dan relevansi penelitian dosen.

b)Berdaya Saing Nasional: peningkatan jumlah hibah penelitian dosen, peningkatan publikasi karya ilmiah dosen, kerjasama penelitian dosen dengan perguruan tinggi lain baik di tingkat lokal maupun nasional.

3. Peningkatan pengabdian kepada masyarakat yang mampu memberi kontribusi dalam pengembangan bidang ilmu pendidikan dan keguruan, serta peningkatan pengetahuan masyarakat dalam pengelolaan pendidikan:

a)Kontribusi pengembangan ilmu bidang pendidikan dan keguruan : peningkatan jumlah pengabdian kepada masyarakat oleh dosen, melibatkan mahasiswa dalam PkM yang dilakukan oleh dosen.

b)Peningkatanpengetahuan masyarakat dalam pengelolaan pendidikan: penyuluhan dan pembinaan, pendampingan lembaga formal dan non formal.

c)Publikasi Pengabdian kepada Masyarakat: Memfasilitasi publikasi PkM dosen dan Mahasiswa. 4. Good governance dalam pengelolaan kelembagaan fakultas untuk mewujudkan visi dan melaksanakan misi: kepemimpinan yang partisipatif, transparansi, akuntabel, responsive, efektif dan efisien.

4. Good governance dalam pengelolaan kelembagaan fakultas untuk mewujudkan visi dan melaksanakan misi: kepemimpinan yang partisipatif, transparansi, akuntabel, responsive, efektif dan efisien.

  • Strategi PS

Meningkatkan mutu manajemen Program Studi sesuai dengan visi misi Program Studi Pendidikan Fisika. Meningkatkan kualitas pembelajaran Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Melakukan Workshop dalam pengembangan jurnal ilmiah layak terbit pada jurnal terakreditasi/terindeks. Melakukan sosialisasi SOP tentang suasana akademik yang transparan, akuntabel, responsibel, mandiri dan wajar dalam pengelolaan program studi Menjalin kerjasama strategis dengan perguruan tinggi lain.